Thursday 4 February 2016

KESIMPULAN


Komunikasi dalam sebuah kepimpinan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam  mencapai  keberhasilan tujuan yang akan diraih oleh suatu organisasi. Oleh kerana itu seorang pemimpin hendaklah piawai dalam berkomunikasi baik itu verbal maupun non-verbal. Komunikasi yang berkesan akan akan mampu meningkatkan motivasi, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan hal ini akan mampu meningkatkan tugasan kerja serta pengawalan kerja juga akan terlaksana dengan baik.
Di dalam sebuah organisasi pemimpin adalah sebagai komunikator.  Pemimpin yang efektif pada umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga sedikit banyak akan mampu merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya. Dalam suatu organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial, komunikasi dalam organisasi atau lembaga tersebut akan melibatkan empat fungsi antara lain fungsi informative, Regulatif, Integratif dan Persuasive. Proses komunikasi ini akan mengalami banyak hambatan. Beberapa Hambatan Komunikasi adalah Hambatan Sematik, Hambatan Mekanik, Hambatan antropologis dan Hambatan psikologis.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka pemimpin harus meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif yang merangkumi pemahaman komunikasi yang baik, iklim budaya pendukung organisasi, dan perhatian yang baik.




No comments:

Post a Comment