Komunikasi
dalam sebuah kepimpinan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam
mencapai keberhasilan tujuan yang akan diraih oleh suatu organisasi. Oleh
kerana itu seorang pemimpin hendaklah piawai dalam berkomunikasi baik itu
verbal maupun non-verbal. Komunikasi yang berkesan akan akan mampu meningkatkan
motivasi, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan
hal ini akan mampu meningkatkan tugasan kerja serta pengawalan kerja juga akan
terlaksana dengan baik.
Di dalam
sebuah organisasi pemimpin adalah sebagai komunikator. Pemimpin yang
efektif pada umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga
sedikit banyak akan mampu merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya.
Dalam suatu organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial,
komunikasi dalam organisasi atau lembaga tersebut akan melibatkan empat fungsi
antara lain fungsi informative, Regulatif, Integratif dan Persuasive. Proses
komunikasi ini akan mengalami banyak hambatan. Beberapa Hambatan Komunikasi
adalah Hambatan Sematik, Hambatan Mekanik, Hambatan antropologis dan Hambatan
psikologis.
No comments:
Post a Comment